Header AD

Pesantren Cheng Hoo Resmi Didirikan

KBAA -- Masyarakat di Banyuwangi bergotong-royong mendirikan lembaga pendidikan yang disematkan kepada tokoh Tiongkok Muslim.

Yakni, Masjid Muhammad Cheng Hoo dan Pondok Pesantren Adz-Dzikra Muhammad Cheng Hoo. Keduanya diresmikan Sabtu (26/11) oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto di Kelurahan Sumberrejo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.

Masjid dan lembaga pendidikan itu berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektare. Donatur pembangunan berasal dari masyarakat setempat, warga Tionghoa, serta perhimpunan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Jatim. Peresmian itu dihadiri Konjen Tiongkok untuk Indonesia di Surabaya Gu Jingqi, perwakilan PW NU Jatim, tokoh agama, serta warga setempat.

Kadafi, salah seorang pendiri masjid dan pondok pesantren, menyatakan bahwa ide pembangunan fasilitas umum dan lembaga pendidikan itu muncul begitu saja. Dia sering mengikuti pengajian jamaah KH Ahmad Wahyudi. "Kami sering menggelar kegiatan sosial, tapi tidak memiliki masjid," katanya. (sumber)
Pesantren Cheng Hoo Resmi Didirikan Pesantren Cheng Hoo Resmi Didirikan Reviewed by marbun on 7:22 AM Rating: 5

Post AD