Header AD

NASA dan LAPAN Mulai Rekrut Astronot Cilik ke Mars

KBAA -- Baru-baru ini, 2016, Lembaga Antariksa AS (NASA) mulai melakukan rekrutmen astronot cilik untuk menjadi calon penduduk eksplorasi Mars di masa mendatang.

Sebagai mana dilaporkan dalam Youtube berikut, langkah NASA ini merupakan bagian dari kampanye memperkenalkan planet Mars bagi anak-anak.

Sebelumnya lembaga antariksa Indonesia (LAPAN) juga melakukan hal yang sama dalam penyelenggaraan Festival Sains Antariksa (FSA) di Pusat Sains Antariksa Lapan, Bandung, Sabtu (19/10/2013). Kegiatan ini merupakan wujud partisipasi Lapan dalam World Space Week 2013 dan rangkaian menyambut HUT Lapan ke-50 pada 27 November 2013. FSA yang diikuti 152 siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah atas tersebut bertema Exploring Mars, Discovering Earth.

"Sesuai dengan tema, dengan mengeksplorasi Mars, kita juga mempelajari Bumi kita sendiri. Belajar cara menciptakan lingkungan hidup yang kita inginkan, dan cara manusia bisa mengelola sumber daya yang ada," kata Kepala Pusat Sains Antariksa Lapan Clara Yono Yatini dalam sambutannya.

Baca: NASA Kembangkan Helikopter Mars

FSA 2013 sangat tepat untuk menginspirasi generasi muda mengenai seluk beluk keantariksaan.

"Berbicara mengenai space, tidak lepas dari bidang ilmu Sains, Matematika, Teknologi, Engineering dan sebagainya. Dengan kegiatan seperti ini, minat generasi muda terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi bisa kita tingkatkan," Clara menjelaskan. Selain itu, Clara menambahkan, kegiatan ini diharapkan bisa menimbulkan kesadaran bahwa Bumi sangat penting dan harus dipelihara untuk kelangsungan kehidupan manusia.

Berbagai kegiatan edukatif dan menghibur digelar dalam FSA 2013. Pelajar tingkat SD mengikuti lomba mewarnai 3D serta kolase, sementara pelajar SMP mengikuti kuis Ranking 1. Untuk pelajar SMA terdapat jenis lomba yang baru digelar pada FSA 2013 yaitu lomba pencarian planet baru.

"Lomba ini sangat menuntut imajinasi peserta, mengenai cara kita menempatkan makhluk hidup pada suatu planet dan kemudian merancang kehidupan yang ada di situ," jelas Clara.




NASA dan LAPAN Mulai Rekrut Astronot Cilik ke Mars NASA dan LAPAN Mulai Rekrut Astronot Cilik ke Mars Reviewed by Admin2 on 6:11 AM Rating: 5

Post AD